hiii

Senin, 25 November 2013

Tugas Pengantar Bisnis Minggu ke 6

Tugas Pengantar Bisnis Minggu 6

Tugas Pengantar Bisnis

Nama Kelompok        :  
Eydela Meidina                          (23213012)
Dermi Tiarlina Sitompul             (22213196) 
Reni Vitria                                   (27213406)


   Kelas                        :             1EB21  
Minggu 6
1.      Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran
Jawab :
Pasar terdiri dari semua pelanggan potensial yang memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu serta mau dan mampu turut dalam pertukaran untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan itu. Istilah pasar untuk menunjukan pada sejumlah pembeli dan penjual melakukan transaksi pada suatu produk.
Pemasaran adalah keinginan manusia dalam hubungannya dengan pasar. Pemasaran maksudnya bekerja dengan pasar untuk mewujudkan transaksi yang mungkin terjadi dalam memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran adalah orang yang mencari sumber daya dari orang lain dan mau menawarkan sesuatu yang bernilai untuk itu. Kalau satu pihak lebih aktif mencari pertukaran daripada pihak lain, maka pihak pertama adalah pemasar dan pihak kedua adalah calon pembeli.
           
2.      Berikan contoh masing-masing 5 untuk :
o   Jenis pasar industri
o   Pasar penjual
Jawab :
v  Jenis pasar Industri :
a)    Industri berdasarkan bahan baku di bagi menjadi 3 yaitu :

o    Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku diambil langsung dari alam sekitar.
Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan, perikanan, peternakan, pertambangan.

o    Industri nonekstraktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku didapat dari tempat lain atau disediakan oleh industri lain.
Contoh : Industri tas di Bogor mengambil bahan baku kulit dari industri kulit di Bandung.

o    Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi, ekspedisi.

b)    Industri berdasarkan jumlah tenaga kerja:

o    Industri rumah tangga adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlahantara 1-4 orang.
Contoh : industri kerajinan tangan seperti gantungan handphone atau industri kue rumahan.
o    Industri kecil adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 5-19 orang.
Contoh : industri batu bata, keramik, genteng.

o    Industri sedang atau industri menengah adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerja berjumlah antara 20-99 orang.
Contoh : industri konveksi.

o    Industri besar adalah industri yang jumlah karyawan/tenaga kerjanya berjumlah 100 orang atau lebih.
Contoh : industri perakitan mobil, tekstil, dan peleburan besi baja.

c)    Industri berdasarkan produktifitas
o    Industri primer
Industri yang menghasilkan barang-barang tanpa pengolahan lebih lanjut sehingga bentuk dari bahan baku/mentah masih tampak. Contohnya industri pengasinan ikan, penggilingan padi, anyaman.

o    Industri sekunder
Industri yang menghasilkan barang yang memerlukan pengolahan lebih lanjut dan bentuk bahan baku sudah tidak tampakk lagi. Contohnya industri tekstil, dan industri ban.

o    Industri tersier
Industri yang bergerak di bidang jasa. Contohnya perbankan, asuransi, perdagangan, dan transportasi.

d)    Industri berdasarkan lokasi
o    Industri yang berorientasi pada pasar (market oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan potensi pasar atau potensi manusia sebagai konsumen. Misalnya industri makanan dan minuman. Hal ini disebabkan karena hasil produksi (barang jadi) mudah rusak/basi sehingga harus cepat-cepat sampai ke tangan konsumen.

o    Industri yang berorientasi pada tenaga kerja (Labour oriented industry)
Industri ini didirikan berdekatan dengan pemusatan manusia yang berpotensi sebagai tenaga kerja. Misalnya indsutri rokok dan industri garment (tekstil)


e)    Berdasarkan proses produksi
o    Industri hulu
Industri yang yang mengolah bahan mentah menjadi barang setengah jadi. Contohnya industri alumunium, industri perkayuan.

o    Industri hilir
Industri yang mengolah barang-barang setengah jadi menjadi barang sjadi atau barang yang dihasilkan siap untuk dipakai oleh konsumen.
Contohnya industri pakaian (konveksi), industri furniture, industri peralatan rumah tangga.
   
v  Jenis pasar penjual :
o    Pedagang sayuran dan buah-buahan.
o    Penjual makanan ringan di pasar.
o    Penjual kebutuhan pokok seperti beras, gula, garam dll di pasar.
o    Penjual elektronik di mall. 
3.      Jelaskan dengan 1 contoh barang/ jasa universal, bagaimana memasarkannya (berdasarkan 4p)
Jawab :
Contoh barang yang di pasarkan yaitu Magic Com, dalam penjualan produk magicom, kita harus membuat iklan di media elektronik yang dapat diketahui banyak orang, agar dapat menumbuhkan minat pelanggan dan dengan memberikan promosi-promosi yang dapat mendorongkeinginan para pelanggan untuk membeli nya.
 Berdasakan 4 P :
Product                         : Memberikan kemasan yang menarik minat konsumsi untuk membelinya dan                                memberikan kualitas yang tidak kalah bagus nya dengan produk lain serta                             memberikan pelayanan dan garansi pada magic com tersebut.
Place                :  Memasarkan produk di tempat yang banyak dikunjungi orang, yang tingkat pesaing nya     tidak terlalu tinggi serta dapat di cakup banyak orang tanpa mengalami kesulitan transportasi. Seperti pasar, mall dll.
Promotion        :  Memberikan iklan sponsor pada suatu pemasaran produk.
Price                :  Memberikan diskon dari produk yang akan dibeli kosumsi.
4.      Sebutkan dan jelaskan 4 Variabel bauran promosi
Jawab :
v  Advertising, yang berupa iklan di berbagai media.

Bentuk-bentuk advertising diantaranya :

•    Papan reklame, poster, spanduk, di pinggir jalan yang strategis sehingga jelas di pandang.

•    Katalog ini juga dibuat di atas kertas dengan desain semenarik mungkin, berisi keterangan gambar disertai foto dan daftar harga.
v   Personal Selling, merupakan merupakan tenaga penjual yang disiapkan baik di toko
(pramuniaga) ataupun yang berkunjung ke rumah-rumah.
v  Sales Promotion, yaitu berupa daya tarik bagi konsumen dalam bentuk diskon, obral, hadiah, undian-undian kupon dan sebagainya.
v  Public Relation, artinya memeberi informasi kepada masyarakat tentang perusahaan, agar memiliki image yang baik dalam masyarakat menyangkut produk, dan manajemen.
5.      Sebutkan beberapa alternative system pemasaran
Jawab :
·         Memaksimumkan komsumsi.
·         Memaksimumkan kepuasan konsumen.
·         Memaksimumkan mutu hidup.
·          Pendekatan serba fungsi.
Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar