hiii

Senin, 11 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE 5

Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke 5



Nama Kelompok        :  
Eydela Meidina                          (23213012)
Dermi Tiarlina Sitompul             (22213196) 
Reni Vitria                                   (27213406)

  Kelas                        :             1EB21  


  1. Apa arti manajemen dan buatlah penerapannya pada organisasi formal dan informal  (masing-masing 1 contoh )
Jawab :
Manajemen memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur".
Penerapannya pada organisasi formal dan informal yaitu sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien.
 Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Contoh pada organisasi formal : Seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Contoh pada organisasi informal : Pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama untuk merencanakan kegiatan suatu kerja yang akan dilaksanakan.

          2. Apa ciri manajer professional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan
 Jawab :
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan hubungan antar pribadi, melibatkan orang sekitar dan mempunyai kewajiban lain yang bersifat adil, ramah, bijaksana dan simbolis yang meliputi, peran sebagai contoh untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi peran sebagai manajer dapat menjadi pemantau dan penyebar informasi yang akan dibagikan kepada karyawan nya serta peran sebagai juru bicara.
·         Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan dengan pengambilan keputusan , yaitu meliputi peran sebagai manajer yang mampu memecahkan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager). Griffin mengajukan tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mencari solusi setiap alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik. Dan terakhir, manajer harus menginformasikan alternatif yang telah ia pilih serta mengawasi dan mengevaluasi kegiatannya agar tetap berada di jalur yang benar.
3.      Sebutkan bentuk-bentuk organisasi dan pengertiannya secara singkat
Jawab :
Organisasi Garis dan staf
Organisasi Garis dan staf  merupakan organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada atasan pimpinan di dalam organisasi.
 Organisasi Fungsional
Organisasi fungsional disusun atas dasar yang harus dilaksanakan atau dijalankan pada suatu organisasi, organisasi fungsional ini dipakai pada perusahaan dalam pembagian tugasnya dapat dibedakan secara rinci.
 Organisasi Panitia
Organisas panitia dibentuk hanya untuk sementara waktu saja dalam suatu acara yang diselenggarakan suatu organisasi atau perusahaan, setelah tugas berjalan dengan baik dan lancar maka selesailah organisasi panitia tersebut.
 Organisasi Lini dan Staf
 Organisasi Lini dan Staf tugasnya memberi layanan dan nasihat serta ide-ide kepada seorang manajer dalam melaksanakan suatu kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh organisasi Lini dan Staf ini merupakan tugas-tugas penting dari suatu organisasi atau perusahaan.
Sumber :
www.studentsite.gunadarma.ac.id www.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar