Tugas Pengantar Bisnis Minggu Ke 5
Nama
Kelompok :
Eydela Meidina (23213012)
Dermi Tiarlina Sitompul (22213196)
Reni Vitria (27213406)
Kelas : 1EB21
Kelas : 1EB21
- Apa arti manajemen dan buatlah penerapannya pada organisasi formal dan informal (masing-masing 1 contoh )
Manajemen memiliki
arti "seni melaksanakan dan mengatur".
Penerapannya pada
organisasi formal dan informal yaitu sebagai sebuah proses perencanaan,
pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai
sasaran secara efektif dan efesien.
Efektif
berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.
Contoh pada organisasi formal : Seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi.
Contoh pada organisasi informal : Pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama untuk merencanakan kegiatan suatu kerja yang akan dilaksanakan.
2. Apa ciri manajer professional
berdasarkan keterampilan manajemen yang berkaitan
·
Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang
berkaitan dengan hubungan antar pribadi, melibatkan orang sekitar
dan mempunyai kewajiban lain yang bersifat adil, ramah, bijaksana dan simbolis
yang meliputi, peran sebagai contoh untuk anak buah, pemimpin dan penghubung.
·
Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang
berkaitan dengan informasi, yaitu meliputi peran sebagai manajer
dapat menjadi pemantau dan penyebar informasi yang akan dibagikan kepada
karyawan nya serta peran sebagai juru bicara.
·
Ciri manajer profesional berdasarkan keterampilan manajemen yang
berkaitan dengan pengambilan keputusan , yaitu meliputi peran
sebagai manajer yang mampu memecahkan
kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam
memecahkannya. Kemampuan membuat keputusan adalah yang paling utama bagi
seorang manajer, terutama bagi kelompok manajer atas (top manager).
Griffin mengajukan tiga langkah dalam pembuatan keputusan. Pertama, seorang
manajer harus mendefinisikan masalah dan mencari berbagai alternatif yang dapat
diambil untuk menyelesaikannya. Kedua, manajer harus mencari solusi setiap
alternatif yang ada dan memilih sebuah alternatif yang dianggap paling baik.
Dan terakhir, manajer harus menginformasikan alternatif yang telah ia pilih
serta mengawasi dan mengevaluasi kegiatannya agar tetap berada di jalur yang
benar.
Jawab :
Organisasi Garis dan staf
Organisasi Garis dan staf merupakan
organisasi besar, daerah kerjanya luas dan mempunyai bidang tugas yang beraneka
ragam serta rumit dan jumlah karyawannya banyak. Staf yaitu orang yang ahli
dalam bidang tertentu, tugasnya memberi nasihat dan saran dalam bidang kepada
atasan pimpinan di dalam organisasi.
Organisasi Fungsional
Organisasi
fungsional disusun atas dasar yang harus dilaksanakan atau dijalankan pada
suatu organisasi, organisasi fungsional ini dipakai pada perusahaan dalam pembagian
tugasnya dapat dibedakan secara rinci.
Organisasi Panitia
Organisas
panitia dibentuk hanya untuk sementara waktu saja dalam suatu acara yang
diselenggarakan suatu organisasi atau perusahaan, setelah tugas berjalan dengan
baik dan lancar maka selesailah organisasi panitia tersebut.
Organisasi Lini
dan Staf
Organisasi Lini dan Staf tugasnya memberi layanan
dan nasihat serta ide-ide kepada seorang manajer dalam melaksanakan suatu
kegiatan. Tugas yang dilakukan oleh organisasi Lini dan Staf ini merupakan
tugas-tugas penting dari suatu organisasi atau perusahaan.
Sumber :
www.studentsite.gunadarma.ac.id www.gunadarma.ac.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar